Kamis, 14 Desember 2017 |
| |
»Selamat Datang di dprd-lebakkab.go.id | Situs Resmi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lebak
Beranda Hari ini! » Berita » Detail » Kebun Teh Cibeber Wajah “Puncak” di Lebak

MENU PINTAS

AGENDA SETWAN

Serba - Serbi

Kebun Teh Cibeber Wajah “Puncak” di Lebak

Selasa, 29 Maret 2016 10:27:02 wib Dibaca: 2152 Pengunjung

 

           Berwisata ke perkebunan teh memang selalu saja menyisakan cerita mengasikan. Berjalan diantara barisan phon teh , bau tanah lembab setelah tersiram jalan , aroma getah pohon teh yang dari sisa batang-batang yang pucuknya telah dipetik pemetik teh, udara sejuk serta semilir angin yang menyentuh lembut , membuat kita betah berlama-lam ditempat seperti itu.

Adalah Cikuya, sebuah kampung di desa Hegarmanah  yang ada di kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, Banten. Sejak tahun 2008 silam areal seluas 120 Hektar telah disulap menjadi perkebunan teh. Walaupun baru 40 Hektar yang ditanamai pohon tehg dari Varietas Camellia Sinensis. Pohon teh yang berasal dari Asia ini masuk ke Indonesia tahun 1648 yang dibawa oleh Andreas Cleyer pegawai VOC berkebangsaan Jerman berupa biji teh untuk dijadikan tanaman hias di Batavia.

“Dulu, sebelum dijadikan perkebunan teh, lahan diperbukitan kampung kami ini merupakan lahan yang tidak produktif ,” kata Sarman, warga kampung Cikuya.

Bersyukurlah warga kampung Cikuya, sebab kini lahan perbukitan yang tak dilirik oleh pemerintah kabupaten Lebaki berubah menjadi perkebunan teh. Bukansaja dapat menyerap tenaga kerja lokal sekitar perkebunan. Tapi juga menjadi daya tarik Agro Wisata bagi warga Lebak dan sekitarnya.

“Belum lama ini pun, Saya bersama Bupati Lebak dan rekan-rekan Pejabat pemkab Lebak, datang langsung ke ke perkebuna teh. Harus kami akui, keberadaanya tidak jauh berbedaa dengan perkebunan teh dipuncak Cianjur,Selain Itu, Pemkab tentu bangga, karena perushaan perkebunan teh menggunakan tenaga kerja lokal ,” kata Asisten daerah
(Asda) II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Lebak. Budi Santoso.

Menurutnya,perkebunan teh ini sangat cocok untuk destinasi Agro Wisata di Kabupaten Lebak, Selain memiliki udara sejuk, perkebunan ini memiliki pemandangan yang indah . selain itu lokasinya berdekatan dengan Curug Cirokrak yang eksotik. Namun Tatang, bagian umum PT. Harendong Green Farm mengeluhkan masalah sampah yang berserakan karena ulah pengunjung sekitar perkebunan yang kurang perduli terhadap sampah.”Kami menghimbau kepada pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan, untuk menajaga kebersiahan dan keindahan wilayah ini,” harapnya.

Ada hal yang membuat  perkebunan teh ini menjadi istimewa. PT. Harendong Green Farm sebagai investor dalam mengelola dan merawat perkebunan tehnya menggunakan pupuk organik serta bahan pengendalian hama yang dibuat dari bahan-bahan organik tanpa bahan kimia. Tujuannya untuk menyediakan teh hijau organik dengan pangsa pasar dalam dan luar negeri. Jadilah perkebunan teh organik yang ada di kabupaten Lebak.

Sangat tepat apa yang dilakukan oleh PT. Harendong Green Farm dalam membidik lahan untuk perkebunan teh nya, lahan yang berada di kawasan Taman Nasiona Gunung Halimun Salak dengan ketinggian 750-1.200 dpi ini memiliki udara bersih dengan iklim ringan yang memberikan kontribusi terbaik bagi teh berkualitas tinggi seperti Camelia Sinensis untuk tumbuh.

Bila melihat perkebunan teh lain di nusantara, perkebunan teh  di cibeber yang hanya 120 Hektar ini memang relatif kecil, dibandingkan dengann perkebunan teh Nirmala yang memiliki luas sekitar 900 Hektar. Perkebunan teh Nirmala ini ada dikawasan TNGHS ke arah tenggara dari perkebunan Cibeber milik PT. Harendong Green Farm.

Walaupun dengan luas 120 Hektar akan tetapi tetaplah perkebunan yang mempunyai daya tarik tersendiri untuk dikunjungi sekedar berjalan-jalan menyusurinya.

Bagi anda yang berniat berwisata ke perkebunan teh Cibeber, perlu membuat manajemen perjalanannya. Perhitungkan akses jalan, jarak tempuh dan fasilitas – fasilitas yang tersedia di lokasi , jangan sampai wisata anda malah menjadi tidak menyenagkan. Selamat Berwisata !.

 

(Hudaya Medina)  

LAINNYA

Senin, 28 Maret 2016 11:48:01

Dukung Gerakan Kecamatan Bersholawat

Senin, 28 Maret 2016 11:41:41

Sosialisasikan UlangPerbup Larangan Merokok

Senin, 28 Maret 2016 11:34:09

Batasi Pertumbuhan Waralaba

Senin, 28 Maret 2016 11:26:18

Lebak Harus Bersih Dari Paham Radikal

Top