Selasa, 17 Oktober 2017 |
| |
»Selamat Datang di dprd-lebakkab.go.id | Situs Resmi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lebak
Beranda Hari ini! » Berita » Detail » Melongok Optimalisasi Layanan Berbasis Multimedia BAPAPSI Kab. Bandung

MENU PINTAS

AGENDA SETWAN

Berita Utama

Melongok Optimalisasi Layanan Berbasis Multimedia BAPAPSI Kab. Bandung

Senin, 25 Juli 2016 09:59:08 wib Dibaca: 333 Pengunjung

Adalah Kabupaten Bandung kali ini yang menjadi tujuan kunjungan kerja komisi I DPRD Kabupa ten Lebak. Hal ini terkait dengan pengelolaan perpustakaan, arsip dan sistem informasi yang dimiliki Kabupaten Bandung dinilai Komisi I DPRD Kabupaten Lebak memiliki tata kelola yang sudah jauh lebih baik dibanding dengan daerah lain di Jawa Barat.

Maka itu, Badan Perpustakaan Arsip dan Pengembangan Sistem Informasi (BAPAPSI) Kabupaten Bandung menjadi tujuan studi banding Komisi I. Juga untuk mengetahui sejauhmana proses pelaksanaan dan penerapan Pengelolaan Arsip Daerah dan pelaksanaan Pengembangan Sistem Informasi Kabupaten Bandung pada Kantor BAPAPSI Kab. Bandung.

Adapun hasil kunjungan tersebut nantinya, DPRD Kab. Lebak akan  memberikan masukan kepada Kator Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Lebak mengenai tata kelola kearsipan berbasis teknologi informasi ter kini.

Kunjungan kerja selama tiga hari pada 2 hingga 4 Mei ini diikuti oleh tiga belas anggota DPRD Kab. Lebak dari Komisi I. Turut serta dalam rombongan adalah Ketua DPRD, Junaedi Ibnu Jarta dan H. Abay Zaenudin, Wakil Ketua III yang merupakan koordinator Komisi I.

Rombongan Komisi I DPRD Lebak diterima oleh Kepala BAPAPSI Kab. Bandung, Tri Heru Setiati, SH di Kantor BAPAPSI para Kepala Bidang, Kasubid dan beberapa Staf BAPAPSI turut serta dalam penerimaa tersebut pemaparan demi pemaparan disampaikan oleh Tri heru Setiadi dan para jajarannya mengenai BAPAPSI.

BAPAPSI sendiri merupakan organisasi Lemabaga Teknis daerah kabupaten Bandung awal terbentuknya adalah digabungkannya beberapa SKPD Kabupaten Bandung, Diantaranya Kantor Arsip Daerah, Badan Pengembangan Informasi Daerah, dan Kantor Pengolahan Data Elektronik. SKPD baru hasil penggabungan tersebut menjadi nama baru yaitu, BAPAPSI (Badan Perpustakaan, Arsip dan Pengembangan Sistem Informasi).

 

Pemda Kabupaten Bandung berharap dengan penggabungan ini, BAPAPSI dapat menjadi suatu lembaga yang powerfull dan dapat diandalkan dalam penyediaan informasi yang berkualitas baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal melalui optimalisasi pelayanan perpustakaan, kearsipan dan pelayanan berbasis multimedia (media cetak dan media elektronik).

Dengan visi “Terwujudnya Pelayanan Kepada Masyarakat Yang Optimal Melalui Informasi Yang Berkualitas”, BAPAPSI melakukan banyak program-program yang diharapkan memenuhi visi yang diusungnya.

  1. Meningkatkan peran perpustakaan sebagai sarana untuk mendukung terwujudnya pelayanan bagi masyarakat;
  2. Mengembangkan dan mengoptimalkan peran perpustakaan-perpustakaan binaan, baik di tingkat desa/kelurahan/kecamatan ataupun SKPD di lingkungan Kabupaten Bandung;
  3.  Meningkatkan aksesibilitas dan partisipasi masyarakat terhadap informasi melalui penyediaan sarana/ prasarana yang memadai;
  4. Meningkatkan diseminasi informasi publik yang terbuka melalui multimedia dan penguatan kemitraan;
  5. Membangun masyarakat yang berbudaya informasi melalui pem berdayaan forum komunikasi ma syarakat;
  6. Menciptakan koordinasi dan kerjasama yang sinergis dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi sehingga menjadi salah satu sumber informasi utama bagi pimpinan dan publik;
  7. Menyelenggarakan sistem pengelolaan kearsipan dan yang efektif dan efisien,
  8. Meningkatkan kualitas SDM aparatur di internal BAPAPSI.

Yang menarik bagi rombongan kunjungan kerja Komisi I DPRD Lebak adalah, adanya Relawan  Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Bandung. Program tersebut sudah berjalan sejak 2013.Program Relawan informasi dan Komunikasi tersebut dilkukan Pemerntha Kabupaten Bandung karenas sudah menjadikan Tekologi Informasi sebagai salah satu hal yang sangat penting sebagai media informasi untuk menunjang keperluan urusan kepegawaian di Kabupaten Bandung

Untuk itu Komisi I DPRD Kabupaten Lebak setelah mendapatkan pengetahuan tentang BAPAPSI Kab. Bandung juga berbagai programnya, hasil kunjungan kerja tersebut akan direkomendasikan kepada Ketua DPRD Kabupaten Lebak. Seperti yang dikatakan Yanto, Ketua Komisi I, hasil kunjungan kerja ini akan kita teruskan sebagai rekomendasi ke Ketua DPRD Lebak. Melalui Kan tor Arsip dan Perpustakaan (KPAD) Ka bu paten Lebak kita berharap mampu memanfaatkan dan mengoptimal kan tek nologi informasi sebagai pe nunjang da lam hal media informasi dan pelaksa na an kepegawaian di KPAD Kabupaten Lebak nantinya. 

LAINNYA

Kamis, 14 September 2017 09:57:37

Jalan Poros Desa Masih Jadi Perhatian Dewan

Kamis, 07 September 2017 10:39:07

Pemkab Harus Tindak Tegas Pengusaha Galian Pasir

Kamis, 07 September 2017 10:22:17

Selalu Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Kamis, 07 September 2017 10:03:11

PAW Emuy Mulyanah Jayabaya,Diusulkan Ke Gubernur

Kamis, 07 September 2017 09:45:15

Segera Bangun Jembatan Timbang

Top