AKSI FORUM SOLIDARITAS MASYARAKAT PETANI CILANGKAP (FSMPC)

Berita Dewan Press Release
Please follow and like us:
0

Pada hari rabu, 02 Oktober 2019. Forum Solidaritas Masyarakat Petani Cilangkap (FSMPC) yang berjumlah sekitar 50 orang melaksanakan aksi unjuk rasa di gedung DPRD Lebak.

Dalam orasi yang disampaikan perwakilan dari FSMPC bahwa agenda dari aksi ini adalah mempertanyakan terkait permasalahan kepemilikan / hak atas tanah yang timbul beberapa tahun ini di desa cilangkap.

Mereka menyampaikan bahwa tanah yang digarap adalah telah berpuluh – puluh tahun atau bahkan turun temurun dari orang tua mereka, Sampai saat ini masyarakat menganggapnya bahwa tanah tersebut adalah merupakan tanah pemerintah atau peninggalan sejak jaman belanda karena memang secara legal kami tidak mengetahui tanah itu milik siapa..?

Namun pada tahun 2014, kami masyarakat cilangkap dikagetkan dengan kabar bahwa tanah tersebut merupakan milik dari PT. WKP (Wira Karya Persada).

Maraknya investor yang masuk ke wilayah kami merupakan suatu anugrah, karena harapan utamanya adalah semoga dapat mensejahterakan masyarakat sekitar, akan tetapi dengan adanya PT. WKP (Wira Karya Persada) justru kami yang berprofesi sebagai petani menjadi sangat termarjinalkan.

Untuk itu, Forum Solidaritas Masyarakat Petani Cilangkap menyampaikan tuntutan sebagai berikut  :

  1. Pemerintah harus bisa mensejahterakan kami para petani sehingga kami para petani dapat hidup layak.
  2. Pemerintah harus tindak tegas oknum pengusaha yang tidak pro terhadap rakyat seperti PT. WKP (Wira Karya Persada)
  3. Pemerintah harus kaji ulang administrasi PT. WKP (Wira Karya Persada) yang terletak di desa Cilangkap Kecamatan Maja karena di duga fiktif.
  4. Jika PT. WKP (Wira Karya Persada) masih bandel dan tidak pro rakyat Cabut Ijin Usaha PT tersebut.
  5. Mari kita jadikan pancasila sebagai hierarki tertinggi, karena pancasila sudah mengatur tatanan kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara.
  6. Jika tuntutan kami tidak di indahkan maka kami tidak akan pernah berhenti untuk menuntut keadilan sampai langit akan runtuh sekalipun.

Setelah melakukan Aksi, kemudian Wakil Ketua DPRD Kabupaten LebakUcuy Masyhuri,S.Pd.I menerima dan melakukan audiensi di dalam ruang rapat DPRD.

Suganda selaku Ketua FSMPC, dan masyarakat kembali menyampaikan apa yang menjadi aspirasi atas permasalahan yang terjadi, dan kemudian Wakil ketua DPRD berjanji akan menindak lanjuti aksi hari ini dengan melaporkan kepada Pimpinan DPRD dan komisi I agar permasalahan ini segera diselesaikan dan di temukan solusi terbaik.

 

 

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *