Dewan Minta Perlu Koordinasi Antar SKPD

Uncategorized

Dinas Sumber air Daya dibawah Satuan kerja Perangkat Desa(SkPD) Dinas Pekerjaan umun dan Perumahan kabupaten lebak harus bekerja sama dengan Dinas Pertanian,dalam meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

erutama dalam penge dian saluran-saluran irigasi untuk wilayah pertanian yang ada diKabupaten Lebak,untuk ditingkatkan fungsi saluan tersebut sebagai pengedian air kebutuhan para petani. “Jangan sampai wilayah lambung pertanian di Kabupaten Lebak kekurangn pasokan air,dikarenakan tidak berfungsi saluran irigasi mengakibatkan gagal panen para petani,” kata anggota Legislatif Kabupaten Lebak H.Ahmad Sanusi kepada legilatif,pekan lalu. Ia menambahkan,perlu ada pembenahan saluran irigasi pertanian,terutama wilayah sumber lambung padi di wilayah Lebak.Agar para petani tidak mengalami kerugian setiap kali panen,dan diperparah lagi setiap kali musim taman para peyani kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. “Lihat sekarang kondisi saluran irigasi Cikoncang sudah tidak berfungsi lagi,sebagai sumber air untuk mengaliri sawah mereka terutama para petani di wilayah wanasalam,”ucap H. Ahmad. Diitempat terpisah, Usep salah seorang petani di wilayah Kecamatan Wanasalam membenarkan beberapa saluran irigasi Cikoncang tidak berfungsi lagi sebagai sumber air bagi petani,sehingga para petani sering mengalami gagal panen dikarenakan kekuranga pasokan air.Pada hal saluran irigasi Cikoncang dulu mengairi sawah petani di dua dess,terutama para petani di wilayah dess parung sari dan parung panjang,kecamtan wana salam. Usep menambahkan,saluran irigasi Cikoncang sudah tidak berfungsi lagi sebagai sumber air,dikarenakan dibiarkan
penumpukan lumpur menutupi saluran tersebut.Karena tidak pengerukan lumpur yang menutupi ssluran irigadi dari pihak pemerintah,sehingga kami para petani mengalami gagal panen. “Disamping ditutupi oleh lumpur saluran irigasi Cikoncang juga dinding-dinding saluran sudah pada copot batunya,sehingga air mengalir ke dalam lobang dinding saluran,”kata usep. Ditambahkan,para petani di desa parungsari dan parung panjang berharap pemerintah memperhatkan nasib para petani,karena saluran irigasi tidak digubris pihak tetkait kami mengalami gagal panen berkepanjangan.Dan berharap pemerntah Kabupaten Lebak turun kelapangan melihat kondisi saluarn irigasi Cikoncang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *