50 Anggota DPRD Lebak Serahkan Laporan Hasil Reses III

Berita Dewan Berita Media
Please follow and like us:
0

Ke Lima puluh anggota DPRD Kabupaten Lebak menyerahkan masing-masing laporan hasil Reses III yang telah dilakukan sejak tanggal 15 hingga 22 Oktober. Penyerahan tersebut dilakukan pada acara Rapat Paripurna Laporan Keghiatan Reses III DPRD Kabupaten Lebak Tahun 2018 di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Lebak, Selasa (23/10)

Rapat yang dihadiri oleh Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi beserta unsur Forkopimda ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Lebak, Junaedi Ibnu Jarta. Dalam mengawali Rapat Paripurna tersebut Ketua DPRD yang biasa disapa Jun mengatakan, reses ini merupakan kegiatan penjaringan aspirasi masyarakat secara langsung dari konstituennya dan juga sebagai media informasi dan evaluasi, baik terhadap pelaksanaan pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan maupun dalam rangka kegiatan pembangunan ke depan yang perlu diperhatikan bersama.
“Bisa dikatakan reses ini merupakan penjaringan aspirasi bermekanisme bottom up , maka aspirasi masyarakat dapat diakomodir dan ditindaklanjuti
dalam menentukan arah kebijakan pembangunan daerah yang akan kita laksanakan pada masa yang akan datang, terang Junaedi.
Disampaikan juga oleh Junaedi, melalui pola pendekatan ini, beberapa agenda kegiatan dan kebijakan pemerintah daerah dapat dilaksanakan dengan dukungan dan peran serta masyarakat untuk membantu suksesnya pelaksanaan pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah.
Sementara, dalam penyampaian laporan hasil pelaksanaan reses masing-masing anggota diwakili oleh koordinator daerah pemilihan dari zona pemilihannya masing-masing yang terbagi dalam enam daerah pemilihan di Kabupaten Lebak. Setelah penyampaian hasil laporan hasil kegiatan reses tersebut langsung diserahkan kepada Junaedi Ibnu Jarta selaku pimpinan Rapat.
Untuk diketahui, dalam penyampaian laporan hasil reses, mekanismenya merupakan mekanisme baru sebagai bentuk aplikasi dari PP Nomor
12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, yang menyatakan bahwa dalam pelaksanaan tugas reses,
anggota DPRD wajib membuat laporan tertulis atas pelaksanaan tugasnya yang disampaikan kepada pimpinan DPRD sebelum disampaikan kepada Pemerintah Daerah.
Terpisah, selepas rapat paripurna laporan kegiatan reses ke-III, Iip Makmur memberikan masukan ke bagian Humas Sekretariat DPRD Lebak untuk
membuat laporan hasil reses seperti yang lama, yaitu dengan satu mukadimah dan disatukan tiap daerah pemilihan (dapil).
“Jadi laporannya tidak terpisah tiap-tiap anggota yang disampaikan ke pemerintah daerah,” terangnya. Menurutnya seperti itu akan memudahkan pemerintah daerah dalam mempelajari laporan kegiatan reses anggota dewan, bebernya.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *