DEWAN APRESIASI BPN LEBAK

Berita Dewan Press Release
Please follow and like us:
0

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebak H. Ace Atmawija memberikan apresiasi kepada Kantor Pertanahan Nasional/Agraria Kabupaten Lebak, yang telah sukses melaksanakan pemetaan Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) di beberapa Kecamatan se Kabupaten Lebak.

Program (PTSL) yang dilaksanakan tahun anggaran 2018 sangat membantu golongan masyarakat menengah kebawah untuk mendapatkan sertifikat tanah, dimana pembiayaan pembuatan sertifikat ditanggung oleh pemerintah Pusat. Serta mengurangi sengketa pertanahan untuk kemudian hari, karena dalam program (PTSL) meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum terdaftar dalam satu wilayah. “Bagi pengusaha kecil Sertifikat yang dimiliki oleh masyarakat bisa digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit dari pihak perbankan, atau lembaga lain yang memberikan kredit dengan bunga rendah. Sehingga bisa menggerakan perekonomian di suatu daerah, termasuk memajukan pertumbuhan pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Lebak,”kata H. Ace dari fraksi PDI- Perjuangan.

Ia menambahkan, pembagian sertifikat yang diberikan kepada masyarakat dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menunjang pertumbuhan ekonomi keluarga, terutama digunakan untuk menopang modal bagi pelaku usaha. Jangan digunakan ke hal yang tidak menunjang kemajuan usaha yang sedang digeluti, nantinya bukan memajukan usaha malah sebaliknya akan merugikan penerima sertitifikat.

H. Ace meminta, Pemerintah Kabupaten Lebak peduli terhadap program (PTSL) yang digulirkan Kantor Pernatahan Nasional Kabupaten Lebak, untuk mengintruksikan kepada seluruh camat yang mendapatkan progran pembuatan sertifikat secara massal ini. Serta dilanjutkan kepada perangkat Kepala desa terlibat lansung dalam penyelesaian data kepemilikan pemohan, agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pembuatan sertifikat tanah masyarakat. “Kalau perlu pemerintah daerah mengeluarkan surat edaran tentang pentingnya program (PTSL) untuk direalisasikan atau dipercepat proses pembuatan sertifikat, dengan jalan mengintruksikan semua camat, kepala desa, RW/RT di wilayah Lebak untuk membantu percepatan proses pembuatan sertifikat melalui program (PTSL). Mengingat besarnya manfaat dari pembuatan sertifikat tanah warga melalui program ini, sebaiknya pemerintah daerah terlibat langsung mendukung program yang bersentuhan dengan kepentingan masyarakat,”pintanya.

(Rizal Tanjung)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *