Komisis I Gelar RDP Dengan Satpol PP

Berita Dewan Berita Media Press Release
Please follow and like us:
0

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebak, mendesak Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mencoret atau mendiskualifikasi tiga orang calon anggota hasil seleksi penerimaan tenaga bantuan di dinas setempat. Desakan tersebut, lantaran ketiga orang tersebut, tidak sesuai kualifikasi yang ditentukan sebelumnya. Sebelum desakan tersebut muncul, Komisi I beserta jajarannya menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan jajaran Dinas Satpol PP terkait hasil seleksipenerimaan tenaga bantuan Satpol PP, Kamis lalu.

Acara yang digelar di ruangan komisi setempat, sempat diwarnai ketegangan antara Kasatpol PP Lebak Darti dengan anggota Komisi I yang mempertanyakan hasil seleksi lantaran beberapa peserta yang usianya tidak memenuhi syarat justru dinyatakan lulus. Walaupun sempat diwarnai ketegangan kegiatan tersebut akhirnya bisa digelar dengan baik.”Rekomendasi kami, Kasatpol PP sebagai ketua panitia seleksi harus bertanggung jawab atas kesalahan rekrutmen, dan ke depan harus ada perbaikan sistem dan tahapan,” kata Ketua Komisi I DPRD Lebak, Enden Mahyudin, kemarin. Menurutnya, dari 40 peserta yang dinyatakan lulus, 3 di antaranya akan dicoret dikarenakan persoalan usia yang tidak memenuhi syarat.

Enden meminta, walaupun harus di coret tapi jangan sampai ada pergantian peserta. Hal tersebut, agar tidak menimbulkan polemik baru dikemudian hari.”Kalau tiga orang ini digugurkan maka jangan menambah kuota lagi, karena peserta yang mendapat nilai di bawah kan sudah dinyatakan tidak lulus,”tegas politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini. Agar tidak ada polemik lagi, Enden menambahkan Kasatpol PP dalam hal ini harus tegas.Jangan sampai ditambah lagi. Karena, jelas kalau ditambah ini akan menimbulkan konflik berkelanjutan.”Masa orang yang dinyatakan tidak lulus menggantikan orang yang juga tidak lulus. Saya rasa clear tidak ada penambahan daripada timbul polemik,”ujarnya.

Terkait dengan kritik Komisi I soal sistem seleksi serta mendesak untuk di coret, Kasatpol PP Lebak Dartim memastikan akan mengevaluasi kelemahan-kelemahan tersebut.”Itu koreksi dan ke depan akan kami perbaiki. Namanya manusia, tetapi bukan
berarti kami menghindar dari kesalahan. Yang jelas sistem yang saat ini dilakukan akan menjadi bahan evaluasi kedepannya,” ujar
Dartim. Saat disinggung, muara apa yang menjadikan DPRD Lebak meminta Satpo PP mencoret tiga orang tersebut, Dartim berdalih, lulusnya sejumlah peserta yang tidak memenuhi syarat karena usia dalam tahapan seleksi disebabkan karena sistem pendaftaran.”Kami sudah sampaikan dari awal bahwa persyaratan itu usia 18 tahun per 31 Oktober 2019, jadi yang kurang dan yang lebih akan kami gugurkan. Dari data yang kami koreksi ada tiga orang yang usianya kurang dan satu orang yang usianya lebih 15 hari. Kita akan lakukan ketegasan,” tandasnya.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *