PARIPURNA PENETAPAN APBD KABUPATEN LEBAK TA. 2020

Berita Dewan Berita Media Press Release
Please follow and like us:
0

DPRD Kabupaten Lebak telah melaksanakan Rapat Paripurna IV dalam Rangka Penetapan Raperda APBD Kabupaten Lebak Tahun Anggaran 2020. Pada hari Kamis, 21 November 2019 Pukul  09.00 s/d Selesai, dengan agenda Penandatanganan Nota Kesepahaman Tahun 2020, Laporan Banggar, Pengambilan Keputusan, Penetapan, Pendapat Akhir Bupati Dan Doa Penutup.

Rapat tersebut dipimpin oleh ketua DPRD Kabupaten Lebak Dindin Nurohmat, SE dan wakil ketua DPRD Kab. Lebak serta dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi, SE beserta Forkopimda Lebak.

Menurut laporan Badan Anggaran, bahwa APBD Kabupaten Lebak tahun 2020 berada diangka 2.754 triliun rupiah lebih, jika dibandingkan dengan APBD tahun 2019 ada kenaikan sekitar 105 milyar rupiah lebih, dari angka 2.649 triliun rupiah lebih. Sementara untuk PAD tahun 2020 berada di angka 384 milyar rupiah lebih.

Tiga Saran yang disampaikan Badan Anggaran adalah :

  1. Mendorong Pemerintah Kabupaten Lebak untuk meningkatkan kualitas infrastruktur dengan memperkuat APIP bersama DPRD melakukan upaya sinergitas dalam melakukan monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan
  2. Terkait program penyediaan air minum dan sanitasi, dimana Pemerintah Daerah telah menyertakan penyertaan modal sebesar 15 milyar sebelum adanya efisiensi, agar penyertaan modal dapat meningkatkan jangkauan layanan PDAM kepada masyarakat Kabupaten Lebak dan juga meningkatkan kualitas layanannya khususnya dari sektor produksi air yang dihasilkan
  3. Kepada Pemerintah Daerah untuk terus melakukan peningkatan upaya sinergitas antar OPD dalam rangka menerjemahkan visi dan misi Bupati Lebak Tahun 2019-2020, sehingga kabupaten Lebak menjadi destinasi wisata nasional.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyatakan bahwa Penyusunan Raperda tentang APBD Kabupaten Lebak Tahun Anggaran 2020 senantiasa mengedepankan aspek prioritas, efektifitas dan efisiensi anggaran serta mempertimbangkan waktu pelaksanaan.

Dengan telah ditandatanganinya berita acara persetujuan bersama Kepala Daerah dan DPRD Kabupaten Lebak mengenai Raperda tentang APBD tahun Anggaran 2020, maka kami akan segera menyampaikan Kepada Gubernur Banten untuk dievaluasi. Harapan kami hasil evaluasi gubernur dapat ditertibkan tepat waktu sehingga diharapkan seluruh rangkaian proses penetapan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2020 dapat selesai sebelum akhir Tahun 2019.

Kami mengajak kepada Pimpinan dan Anggota DPRD yang terhormat untuk bersama-sama melakukan optimalisasi penggunaan anggaran dengan sebaik-baiknya. Dan kepada seluruh kepala perangkat daerah beserta jajarannya, agar dapat mengelola anggaran secara lebih cermat, transparan dan akuntabel, serta segera menyusun dokumen pelaksanaan anggaran sehingga pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 dapat dilaksanakan tepat waktu.

Rapat tersebut, sempat terjadi penundaan, karena interupsi dari anggota DPRD Fraksi gerindra, yang menyampaikan bahwa tidak setuju atas penganggaran mobil dinas wakil ketua DPRD dan menyatakan WO dari Rapat Paripurna.

Anggota DPRD Acep Dimyati menyatakan bahwa hal yang disampaikan fraksi gerindra adalah hanya sebuah berita Hoak, karena sampai pembahasan terakhir, Badan Anggaran tidak memasukan dan menganggarkan mobil Dinas

Secara terpisah Sekretaris DPRD mengungkapkan bahwa anggaran untuk mobil dinas wakil ketua DPRD tidak masuk ke dalam APBD TA. 2020.

“Anggaran untuk mobil dinas wakil Ketua DPRD tidak dianggarkan pada APBD 2020 dan terkait kenaikan anggaran di DPRD adalah tidak ada kenaikan uang harian dari 950 menjadi 1.5 jt melainkan hanya kenaikan lokus studi komparasi dalam rangka sharing dan memperkaya wawasan serta pengetahuan para anggota DPRD.” Demikian dikatakan Ketua DPRD Dindin Nurohmat

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *