Saluran Irigasi Leuwilisung Ambrol

Berita Dewan Berita Media
Please follow and like us:
0

Dewan minta Dinas Terkait Segera tangani Saluran irigasi di Blok Bendungan Leuwilisung, Desa Banjar irigasi, ambrol sejak awal Juni lalu.

Akibat belum dilakukan perbaikan secara permanen, maka areal persawahan seluas 450 hektar di Desa Banjar irigasi, Sobang hingga ke Desa Giriharja, Kecamatan Cipanas, tidak bisa teraliri air.

Namun demikian agar tanamam padi milik para petani tetap subur, maka masyarakat Banjar irigasi pun sudah beberapa kali melalukan upaya perbaikan darurat terhadap titik irigasi yang ambrol menggunakan batang pohon kelapa, serta bambu.

Wakil Ketua III DPRD Lebak, yang sekaligus tokoh masyarakat Kecamatan Sobang, mengungkapkan, sejak fisik irigasi tersebut ambrol satu bulan lalu, pihaknya telah menginformasikannya kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak. Bahkan visual lokasi irigasi
ambrolnya pun sudah diserahkan secara langsung ke Bupati Iti Octavia Jayabaya, dengan maksud agar segera diperbaiki.

“Hingga saat ini, irigasi ambrol di Desa Banjar irigasi belum juga diperbaiki, padahal areal persawahan sangat membutuhkan air secara normal,”ujar Yanto, kemarin. Ditambahkanya, pasca ambrolnya irigasi tersebut, warga sudah berusaha untuk melakukan perbaikannya. Namun, karena menggunakan material seadanya, maka saluran irigasi tersebut ambrol kembali. “Perbaikan yang dilakukan warga hanya menggunakan bahan material seadanya seperti batang kayu kelapa dan bambu. Itupun hanya bersifat sementara karena kekuatan menggunakan bahan kayu kelapa dan bambu tidak tahan lama,”terangnya.

HM Yogi Rochmat, Wakil Ketua II DPRD Lebak yang sempat meninjau lokasi irigasi yang ambrol tersebut mengatakan, bila tidak segera diperbaiki, maka sudah dipastikan akan menghambat terhadap kualitas padi, mengingat air merupakan kebutuhan yang mendasar bagi penyuburan padi.
“Saya harap, irigasi ambrol di Lebakgedong tersebut bisa secepat mungkin mendapatkan perhatian perbaikannya, agar produktifitas ratusan hektar
sawah di Lebakgedong maupun di sebagian Kecamatan Cipanas tetap terselamatkan,”harap Yogi. l meidana

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *