SETJEN DPR-RI Kunjungi DPRD Lebak

Berita Dewan Press Release
Please follow and like us:
0

Sekretariat jendral (Setjen) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) melakukan kunjungan kerja ke Gedung DPRD Kabupaten Lebak, dalam rangka tukar pandangan dan menambah wawasan bagaimana sekretariat dewan daerah dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan terhadap anggota dewan.

Tugas khusus untuk mendukung kelancaran pelaksanaan wewenang dan tugas DPR-RI dibidang adminitrasi dan persidangan, terutama pembinaan dan pelaksananaan dukungan administrasi kepada DPR-RI serta melaksanakan tugas lain yang ditugaskan dewan, termasuk kebijakan pembinaan dan pelaksanaan dukungan dalam persidangan, dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai setjen kepada dewan.
Dalam kunjungan kerja Setjen DPR-RI diwakili oleh Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan Drs.Djaka Dwi Winarko,M.Si dengan didampingi puluhan staf dari Setjen DPR-RI, sementara penyambutan tamu dari jakarta tersebut lansung dipimpin oleh Sekwan DPRD Kabupaten Lebak Drs.H.Fin Rian,M.Si didampingi beberapa Kabag, acara tersebut berlangsung Jumat tanggal 14 Desember, dan dipusatkan di ruang Bamus DPRD.

Dalam sambutan Setjen DPR-RI diwakili Drs.Djaka Dwi Winarko mengatakan, kunjungan kerja ke Kantor Sekretariat Dewan Kabupaten Lebak, selain untuk menambah wawasan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sekwan di daerah dalam melayani anggota dewan, termasuk hambatan-hambatan dalam melakukan tugas, serta ingin mengetahui sejauh mana penyelesaian persoalan menghadapi anggota legislatif, baik terkait administrasi dan output laporan tahunan yang dilaksanakan melalui paripurna.

Ia memaparkan, perlu juga pengembangan kerja sama kehumasan antara Setjen Pusat dengan Sekwan Daerah dalam rangka meningkat kinerja, dalam memberikan pelayanan terhadap anggota dewan. Pada prinsipnya tugas pusat dengan daerah tidak jauh berbeda, kalau di tingkat daerah hanya jumlah anggota dewannya aja yang sedikit, kalau ditingkat pusat jauh lebih besar yang jumlahnya mencapi 500 anggota dewan.

Ditambahkannya, untuk DPR-RI dalam sidang tahunan sudah ada peraturan baru yang mengatur terkait sidang tahunan, ini juga bisa diterapkan untuk di daerah Kabupaten lebak.

Untuk menjaga kelengkapan dokumen, sebaiknya ada arsif di kesekretariatan karena anggota DPRD akan selalu berganti.
“DPR-RI dalam meningkatkan Sumber daya Manusia selalu ada semacam pelatihan terhadap kesektariatan, dalam rangka meningkatkan kemampuan menjalankan tugas administrasi maupun pelayanan lebih baik lagi terhadap anggota dewan,”paparnya.

SEMENTARA ITU,Sekretaris Dewan Kabupaten Lebak Drs.Fin Rian,M.Si menanggapi pertanyaan dari Staf Setjen DPR-RI terkait admitrasi keuangan,”permasalahan keuangan di DPRD Kabupaten Lebak, untuk transaksi keuangan di kabupaten Lebak sudah melaksanakan transaksi non tunai setiap pembayaran kepada anggota dewan, baik uang tranportasi maupun uang saku yang diterima anggota dewan. Jadi untuk keuangan pihaknya tidak melaksanakan pembayaran secara cas, semua menyangkut dengan keuangan sudah melalaui transaksi bank,”ucap Fin Rian.
Ditambahkannya, pelaksanaan trasaksi non tunai di kabupaten Lebak sudah berjalan sejak tahun 2017, pada awal-awalnya memang ada kendala terkait pembayaran uang transport dan uang saku tapi itu bisa teratasi dengan mendapat dukungan dari anggota. Dengan sistem yang diterapkan pembayaran non tunai di lingkungan sekretariat dewan, secara tidak lansung sudah mengurangi resiko penyimpangan dari anggaran.

Ia menambahkan, pihaknya (bagian sekretariat-red) selain bertugas sebagai melayani segala kebutuhan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi anggota
dewan, termasuk melaksanakan tugas administrasi dokumen maupun dukumen keuangan. Semua itu merupakan tugas kesekretariatan dewan dalam mempersiapkan segala sesuatu yang bersifat menunjang keperluan dewan, serta mempersiapkan kebutuhan dewan dalam melaksanakan kunjungan kerja maupun persiapan kegiatan internal dewan misalnya persiapan dalam sidang paripurna.

Disamping itu Sekwan harus mampu menjembatani antara Legislatif dengan Eksekutif dalam arti mampu untuk mengakomodir atau memfasilitasi lembaga Eksekutif dan Legislatif, karena salah satu fungsi kesekretariatan adalah memberikan pelayanan terhadap DPRD. Secara teknis dan
operasional Sekretaris dewan bertanggung jawab kepada pimpinan Dewan tetapi secara adminitrasi bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris daerah (Setda) Pemerintah kabupaten Lebak. (Rizal)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *